RiJP

Raharja iLearning Junior Professional

By

Sistem basis data

1. CARI ISTILAH-ISTILAH DATABASE SEPERTI RECORD, FILE, TYPE

Mengenai istilah dalam basis data, ada banyak, berikut yang saya sebutkan :
Table
Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.
Field
Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.
Record
Record adalah kumpulan isi elemen data (atribut) yang saling berhubungan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap.
Key
Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.
SQL
SQL atau Structured Query Language merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL sering disebut juga sebagai query.
Primary Key
Primary merupakan attribute yang paling sedikit yang dapat membedakan  setiap baris data dalam sebuah table secara unik yang dipilih berdasarkan sering dijadikan acuan, lebih ringkas, dan lebih menjamin keunikan key
Foreign Key
Foreign Key adalah kolom yang diambil dari primary key entitas lain yang menunjukkan hubungan antar dua table tersebut.
Super key
Satu atribut / kumpulan atribut yang secara unik mengidentifikasi sebuah tuple di dalam relasi
Candidate key
Suatu atribut atau satu set minimal atribut yang mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian spesifik dari entitas. Atribut di dalam relasi yang biasanya mempunyai nilai unik. Satu set minimal dari atribut menyatakan secara tak langsung dimana kita tidak dapat membuang beberapa atribut dalam set tanpa merusak kepemilikan yang unik.
Alternate key
Merupakan candidate key yang tidak dipakai sebagai primary key atau Candidate key yang tidak dipilih sebagai primary key.
Data value
Merupakan data aktual atau infomasi yang disimpan ditiap data elemen. Isi atribut disebut nilai data.
Entitas
Entititas adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam. Pada bidang kesehatan Entity adalah Pasien, Dokter, Kamar.
Query
Seperti sebuah Table, tapi menggunkan perintah SQL (string statements) untuk membaca dan menulis pada basisdata.
Relasi
Relasi merupakan sebuah tabel yang terdiri dari beberapa kolom dan beberapa baris. Relasi menunjukkan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Entitas merupakan individu yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dengan yang lainnya.

 

Atribut
Atribut merupakan kolom pada sebuah relasi. Setiap entitas pasti memiliki aribut yang mendeskripsikan karakter dari entitas tersebut. Penentuan atau pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal penting dalam pembentukan model data.
Tupel
Tuple merupakan baris pada sebuah relasi atau kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang, misalnya : NPM, nama mahasiswa, alamat, kota, dll.
Cardinality
Jumlah tupel dalam sebuah relasi
Derajat (degree)
Jumlah atribut dalam sebuah relasi
Null
Nilai suatu atribut yang tidak diketahui dan tidak cocok untuk baris (tuple) tersebut.
Nilai (konstanta) Null digunakan untuk menyatakan / mengisi atribut-atribut yang nilainya memang belum siap/tidak ada.
Index
Field lain yang digunakan untuk mengurutkan Record pada DataBase (dapat Primary atau Secondary Index)
Entity
Merupakan orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam. Pada bidang Administrasi Siswa misalnya, entity adalah siswa, buku, pembayaran, nilai test. Pada bidang kesehatan, entity adalah pasien, dokter, obat, kamar, diet.
File
Merupakan kumpulan record-record sejenis yang mempunyai panjang elemen yang sama, atribute yang sama, namun berbeda-beda data valuenya.
Replikasi
Replikasi database adalah seperangkat teknologi yang digunakan untuk menyalin dan mendistribusikan data dari satu database ke database yang lain.
Normalisasi
Normalisasi  merupakan suatu pendekatan sistematis untuk meminimalkan redundansi data pada suatu database agar database tersebut dapat bekerja dengan optimal.
Redundansi
Redundansi data adalah duplikasi data dalam beberapa file data sehingga data yang sama di simpan di dalam lebih dari 1 lokasi.
2. JELAKSAN KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN DATA BASE SISTEM
Data adalah fakta atau angka yang disimpan atau dicatat. Informasi adalah data yang diolah dan disajikan sehingga memiliki suatu arti. Data pada tabel MAHASISWA, MATA KULIAH, dan NILAI dapat menghasilkan informasi tentang IPK mahasiswa. Basis data selain untuk mencatat atau menyimpan data-data, juga dapat digunakan untuk membentuk suatu informasi. Basis data terdiri dari 2 tabel atau lebih dimana tabel-tabel tersebut saling berhubungan digunakan untuk memenuhi kebutuhan para pemakai dalam suatu organisasi. Setiap tabel pada basis data biasanya berisi tentang suatu hal. Sistem manajemen basis data adalah perangkat lunak yang menciptakan, proses, dan mengelola basis data. Contoh dari sistem manajemen basis data adalah Microsoft Access, SQL Server, MySQL dan ORACLE.
Berikut kelebihan dan kekurangan dari Basis data (Data Base)

Kelebihan :

  1. Dapat meningkatkan data independance (kemandirian data), Dapat digunakan untuk bermacam-macam program aplikasi tanpa harus merubah format data yang sudah ada.
  2. Konsistensi Data, Dilakukan dengan cara data disimpan hanya sekali dalam basis data sehingga jika terjadi perubahan pada nilai data tersebut, perubahan hanya dilakukan satu kali dan nilai baru tersebut akan tersedia untuk semua pengguna.
  3. Meningkatkan aksesibilitas terhadap data dan respon yang lebih baik. Akibat dari integrasi data yang melewati batasan-batasan departemen dapat langsung diakses oleh pengguna. Ini berarti menyediakan sistem dengan fungsi yang lebih baik. Pengguna dapat memperoleh data yang dibutuhkan dengan cepat dengan menggunakan query language.
  4. Pengendalian terhadap kerangkapan data. Dilakukan dengan cara data hanya disimpan sekali. Hal ini mengurangi kerangkapan data dan mengurangi biaya untuk tempat penyimpanan.
  5. Meningkatkan keamanan data. Keamanan basis data melindungi basis data dari pengguna yang tidak memiliki otorisasi. DBA dapat menentukan batasan-batasan pengaksesan data, misalnya dengan memberikan password dan pemberian hak akses bagi pemakai (misal : modify, delete, insert, retrieve).
  6. Memperbaiki integritas data, Intergritas data mengacu pada validitas dan konsistensi dari data yang disimpan. Integritas biasanya diekspresikan dalam batasan (constraints) yang merupakan aturan yang konsisten dan tidak dapat dilanggar. Jika kerangkapan data dikontrol dan kekonsistenan data dapat dijaga maka data menjadi akurat.
  7. Data dapat dipakai secara bersama-sama, Data yang ada pada basis data menjadi milik seluruh organisasi dan dapat dipakai secara bersama oleh pengguna yang berwenang pada saat bersamaan.
  8. Memperoleh lebih banyak informasi dari data yang sama. Pengguna basis data dapat memperoleh informasi selain dari informasi rutin yang dikelolanya karena semua data lain berada dalam basis data yang sama. Dengan demikian kebutuhan akan informasi selain dari informasi rutin dapat terpenuhi.

Kekurangan : 

 

  1. LBiaya yang tidak murah alias biayanya sangat mahal karena menyangkut biaya-biaya untuk pembelian sekaligus perawatan hardware and software. Selain itu menyusul biaya tambahan untuk untuk storage (penyimpanan), network (jaringan) dan lain-lain.
  2. Rumit. Perancang, pengembang, DBA, basis data administrator, dan pengguna akhir harus memahami secara detail dan mendalam tentang fungsi basis data yang ditangani agar dapat mengambil manfaat dari basis data. Kegagalan dalam memainkannya dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi organisasi atau perusahaan.
  3. Tambahan biaya konversi, Diperlukan biaya yang besar untuk berpindah dari aplikasi/sistem yang lama ke dalam sistem dan hardware basis data yang baru (Upgrade). Ditambah lagi, diperlukan pula biaya untuk pelatihan staff untuk menggunakan sistem yang baru ini serta tambahan biaya untuk mempekerjakan staff khusus seperti DBA, dan lain-lain.

3. APA MANFAAT MENGGUNAKAN KOMPUTER DIBANDINGKAN DENGAN MENGGUNAKAN MANUAL.

Kelebihan Komputer :
Komputer dapat memilih dan melakukan klafikasi yang tinggi (Accuracy)
Komputer mampu menyimpan dan mengolah data dan jumlah besar (Capasity)
Komputer mampu melakukan perhitungan-perhitungan dalam mengolah data dengan kecepatan tinggi
Komputer dapat melakukan pekerjaan berdasarkan kondisi yang kita inginkan
Komputer memiliki daya ingat yang tinggi
Komputer dapat menghasilkan informasi
Komputer dapat di pergunakan untuk memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain

4. BUATLAH SEBUAH TABEL PEGAWAI , BUATKAN STRUKTUR DATANYA SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA

5. APA PERBEDAAN DATABASE DENGAN DATA

Data adalah representasi dari fakta, konsep, atau instruksi dalam bentuk formal yang dapat digunakan untuk komunikasi, interpretasi, pemrosesan oleh manusia, dan pemrosesan oleh komputer.

Sedangkan database adalah kumpulan informasi terorganisir yang disusun untuk memudahkan pengambilan data.

Jadi, data adalah hal yang disimpan dalam database dan database berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data yang telah disimpan. Data memiliki bentuk seperti nilai yang merepresentasikan deskripsi dari suatu kejadian. Sedangkan database menyimpan dan mengorganisir baik data mentah maupun data yang sudah diubah menjadi informasi. Database juga dapat mengambil data dan informasi yang disimpan dengan cepat dan efisien saat diperlukan.

Leave a Reply