RiJP

Raharja iLearning Junior Professional

By

iLearning & eLearning

Pertanyaan :

  1. Carilah perbedaan antara iLearning dan eLearning
  2. Berikan keuntungan dan kelemahannya masing-masing

Status : 100% tercapai

Keterangan : saya sudah mengerjakan tugas tersebut dengan baik dan benar

Bukti

1.

  • iLerning terdiri dari dua bagian, yaitu ‘i’ yang merupakan singkatan dari ‘interaktif atau bisa juga Ipad’ dan ‘learning’ yang berarti ‘pembelajaran’. Jadi ilearning berarti pembelajaran interaktif dengan menggunakan Ipad.
  • eLearning, yaitu proses belajar yang difasilitasi dan didukung melalui pemanfaatan TIK (Martin Jenkins & Janet Hanson, Generic Center, 2003). Istilah e-Learning tidak hanya hanya dapat digunakan untuk pemelajaran yang menggunakan variabel jarak atau perbedaan geografis antara siswa dan pengajar, namun dapat pula digunakan untuk menyebut proses pemelajaran yang menggunakan setiap bentuk media elektronik.

2.  Keuntungan

  •  iLearning : dapat menggunakan smartphone atau perangkat lainnya secara multi fungsi, contoh i-learning yaitu ilearning.me secara online flexible dan mencakup lebih luas dari elearning.
  • eLearning : menggunakan perangkat dasar yg menjadi alat utama dan sarana utama yaitu contoh e-learning bisa dikatakan edmodo, yang digunakan untuk sekelompok orang atau group atau kelas dari pembelajaran berbasis ruang lingkup.

Kelemahan

  • iLearning : tidak bisa mengakses iLearning jika tidak ada atau tersambung jaringan internet karena berbasis online
  • eLearning : cakupan atau ruang lingkupnya tidak luas karena berbasis aplikasi atau online site

Kesimpulan :

Setelah saya telaah , saya dapat menyimpulkan bahwa iLearning dan eLearning merupakan metode belajar yang efektif dan effisien serta flexsible dalam bidang pembelajaran, hanya saya berbeda dari basis keduanya saja

Leave a Reply