RiJP

Raharja iLearning Junior Professional

By

Tugas Pertemuan1 AGAMA UL111I – Rizki Alpian Sah 1921424503

1. pertanyaan

  1. Jelaskan spengertian Agama secara etimologi dan terminologi.
  2. Sebutkan alasan secara umum mengapa manusia menganut suatu agama.
  3. Apa peran agama dalam membangun peradaban dan ilmu pengetahuan,

2.Status

Tercapai 100%

3. Keterangan

Saya sudah mengerjakan tugas ini dengan baik dan benar

4.Bukti

JAWABAN 1

  • Secara etimologi

dalam masyarakat indonesia selain dari kata agama, dikenal pula kata “din” dari bahasa arab dan kata religi dalam bahasa eropa. Ia mengatakan bahwa agama dari bahasa sanskerta tersusun dari 2 kata yaitu a=tidak dan gam =pergi, jadi agama artinya tidak pergi, tetap ditempat, diwarisi secara turun temurun. Hal menunjukkan pada salah satu sifat agama yaitu diwarisi secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya. Kemudian ada yang mengatakan artinya adalah teks dan kitab suci, tuntunan yang  berarti tuntunan bagi kehidupan manusia.

 

  • Secara terminologi

Elizabet  nottingham dalam bukunya agama dan masyarakat berpendapat bahwa agama adalah gejala yang begitu sering terdapat dimana mana sehingga sedikit membantu usaha usaha kita untuk membuat abstraksi ilmiah. Lebih lanjut Nottingham mengatakan bahwa agama berkaitan dengan usaha usaha manusia untuk mengukur dalamnya makna dari keberadaannya sendiri dan keberadaaan alam semesta. Agama telah menimbulkan Khayalnya yang paling luas dan juga digunakan untuk membenarkan kekejaman orang yang luar biasa terhadap orang lain. Agama dapat membangkitkan kebahagiaan batin yang paling sempurna dan juga perasaan takut dan ngeri. Dan durkheim mangatakan bahwa agama adalah pantulan dari solidaritas sosial. Bahkan kalau dikaji, katanya, tuhan itu sebenarnya adalah ciptaan masyarakat.

 

JAWABAN 2

    • Dengan beragama manusia mengetahui dengan pasti untuk apa ia hidup.
    • Dengan beragama manusia punya panutan dalam menjalani hidup.
    • Dengan beragama manusia mempunyai tempat berkeluh kesah disaat mempunyai masalah.
    • Dengan bergama manusia tidak hidup seenaknya. Karena dalam agama terdapat banyak sekali aturan2 yg harus dipatuhi

 

JAWABAN 3

    • Peran agama dalam membangun peradaban adalah hal yang tidak bisa terpisahkan karena manusia itu memiliki cipta, rasa dan karsa. Cipta, rasa dan karsa itu akan menimbulkan perkembangan pengetahuan yang berasal dari suatu budaya. Agama adalah bagian dari kebudayaan, yang dalam hal ini kebudayaan bearati mencangkup agama. Peradaban berkata dengan konsep nilai moral, etika, estetika di masyarakat dipakai untuk menyebut bagian-bagian dan unsur-unsur dari kebudayaan yang halus dan indah.
    • Peran agama dalam membangun ilmu pengetahuan adalah bahwa agama dan ilmu pengetahuan memiliki korelasi yang sangat erat dan tidak mungkin dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Keduanya saling menjalankan perannya secara sinergi dan berkesinambungan.

Leave a Reply