RiJP

Raharja iLearning Junior Professional

By

Tugas mandiri 1 Annida Isnaeni Saputri – 1921428209

Pertanyaan :

  1. Bagaimana pendapat anda tentang kebijakan pemerintah mengenai pemindahan ibukota ke kalimantan ditinjau dari IPOLEKSOSBUDHANKAM dan SARA?
  2. Bagaimana pendapat anda tentang pergolakan yang terjadi di tanah Papua, ditinjau dari akar permasalahan dan solusi yang bisa dihasilkan?

Status 100%

Keterangan : saya telah menyelesaikan tugas ini

Pembuktian:

1.Pemindahan Ibu Kota yg dilihat dari  IPOLEKSOSBUDHANKAM dan SARA menimbulkan pro dan kontra pada sejumlah masyarakat Indonesia. Menurut saya, pemindahan ibu kota yang baik yaitu jika kondisi perekonomian terus membaik dari segala sisi. Namun untuk saat ini, Indonesia masih dihantui perang dagang, fluktuasi ekonomi, daya beli yang lemah dan tingginya angka Kemiskinan. pemindahan ibu kota dipandangnya belum menjadi prioritas.dari sisi pro nya adalah Pemindahan ibu kota dilakukan agar pembangunan tidak hanya di Jawa, salah satunya di Kalimantan. Itu membawa hal positif karena membuka lapangan pekerjaan serta pemerintah memindahkan ibu kota sudah baik untuk pemerataan. Sebab,pembangunan selama ini memang terlalu fokus di Pulau Jawa.

2.kesadaran kebangsaan yang menimbulkan kesalahpahaman, hubungan pusat dan daerah yang belum serasi, penerapan kebijakan setengah hati serta pembinaan ketertiban, ketentraman yang belum maksimal dan efektif menyebabkan adanya: kecemburuan sosial,ketidakadilan ekonomi, benturan budaya dan munculnya sikap superior dan inferior. Konflik dan pergolakan yang berlangsung diantara bangsa Indonesia bahkan bukan saja bersifat internal, melainkan juga berpotensi ikut campurnya bangsa asing pada kepentingan nasional bangsa Indonesia.maka dari itu,Tetap berpikiran jernih dan yakin terhadap ideologi bangsa tentang persatuan dan kesatuan. tidak memihak ataupun melakukan provokasi.

Leave a Reply