RiJP

Raharja iLearning Junior Professional

By

Statistika Pertemuan 8 – Irfan Hidayat || 1912424774

Pertanyaan :

Baca dan Pelajari Ebook yang sudah saya berikan pada bab ini dan selesaikan soal berikut:

1.Jelaskan pengertian pengujian hipotesis komparatif?
2.Jelaskan komparatifk sampel?
3.Jelaskan sampel berkorelasi?
4.Jelaskan sampel independen?
Status : 100% tercapai
Keterangan : Saya sudah mengerjakan tugas sesuai instruksi
Bukti :
1. Menguji hipotesis komperatif berarti menguji parameter populasi yang berbentuk perbandingan melalui ukuran sampel yang juga berbentuk perbandingan. hal ini juga dapat berarti menguji kemampuasn generalisasi (signifikansi hasil penelitian) yang berupa perbandingan keadaan variabel dari dua sampel atau lebih.
2. Terdapat dua sample dan dua sample atau lebih. Selanjutnya setiap model komparasi sampel di bagi menjadi dua jenis yaitu sampel yang berkorelasi dan sampel yang tidak berkorelasi di sebut dengan sampel independen.
Pada bagian ini di kemukakan statistik yang di gunakan untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel yang berkorelasi dan independen baik menggunakan statistik parametris maupun nonparametris.
3. Kelompok sampel lebih dari 2 (dengan karakter yang sama)

Di dalam penelitian ini kelompok sampel dapat diambil lebih dari dua dengan karakter sampel yang berhubungan.

4. Menguji hipotesis dua sampel independen adalah menguji kemampuan generalisasi rata–rata data dua sampel yang tidak berkorelasi. Misalnya perbandingan penghasilan petani dan nelayan, disiplin kerja pegawai negeri dan swasta. Teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif, tergantung jenis datanya.

Leave a Reply