RiJP

Raharja iLearning Junior Professional

By

Cermi dini hari

 

Assalamualaikum,Om Swastiastu,Shalom.

Hello guys balik lagi ke cermi nya I Komang Mertayasa 🖐 Kali ini koko mau bahas sesuatu ada yang tau tidak? Mau membahas tentang apa 😁

Tapi kalian tahu tidak tentang PSBB ? Dan apa itu PSBB? 

PSBB ( pembatasan sosial bersekala besar) atau pembatasan kegiatan tertentu dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19.                  Hal itu sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 Permenkes No 9 Tahun 2020 yang berbunyi:

“Pembatasan Sosial bersekala Besar adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-I9).”

Ada juga nih guys, kegiatan yang dibatasi dalam PSBB adalah sebagai berikut:

1. Kegiatan Belajar Mengajar

Dilarang melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Ganti dengan dirumah dengan menggunakan media yang paling efektif seperti media internet. Pengecualian berlaku untuk proses belajar mengajar yang berhubungan dengan kesehatan.

2. Kegiatan Bekerja di Kantor

Perusahaan atau instansi dilarang mempekerjakan karyawannya dengan jumlah yang normal atau jumlah karyawan yang masuk kantor sangat dibatasi. Ganti dengan sistem bekerja dari rumah (work from home). Pengecualian berlaku untuk perusahaan atau instansi tertentu seperti pelayanan publik, perusahaan logistik & transportasi yang berhubungan dengan barang kebutuhan pokok atau barang penting.

3. Kegiatan Keagamaan

Semua tempat ibadah dilarang dibuka untuk umum. Ganti dengan beribadah dirumah masing-masing

4. Kegiatan di Tempat Umum

Tempat atau fasilitas umum dilarang dibuka, kecuali tempat-tempat yang telah ditentukan untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti toko sembako atau bahan makanan, toko obat dan alat medis, pom bensin, hotel / tempat penginapan untuk menampung orang yang terdampak corona atau covid-19.

5. Kegiatan Sosial Budaya

Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang melibatkan orang banyak atau kerumunan seperti pertemuan/perkumpulan politik, acara olahraga, hiburan, dll

6. Kegiatan Transportasi

Moda transportasi umum yang mengangkut penumpang sangat dibatasi, dilarang mengangkut penumpang hingga penuh dan harus berjarak antara penumpang satau dengan yang lain. Untuk moda transportasi barang juga dilarang beroperasi kecuali untuk barang penting yang telah ditentukan.

7. Kegiatan Lainnya

Kegiatan lain yang dimaksud adalah kegiatan masyarakat terkait aspek pertahanan dan keamanan. Pengecualian berlaku untuk kegiatan operasi militer dan operasi kepolisian.

Dan yang melanggar ada juga sanksi yang di terapkan 

“Sesuai dengan Pasal 93 Jo Pasal 9 UU Nomor 6 Tahun 2018 terkait karantina kesehatan, sanksi satu tahun dan denda Rp 100 juta,”

sanksi akan membuat masyarakat disipilin dan tertib dalam mengikuti PSBB demi memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

“Jadi masyarakat semoga bisa tertib karena ada sanksi yang akan diberlakukan dalam penerapan PSBB,”

Ada juga nih guys dampak negatif dari psbb

Mulai dari Penurunan Ekonomi sampai PHK melanda 😥 (Pemutusan hubungan kerja) adalah pengakhiran hubungan kerja yang disebabkan karena suatu hal yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja /buruh dan pengusaha/majikan.

Dampak positif

Meningkatkan Kualitas Udara di Indonesia

Adanya virus corona, membuat warga tetap berada di dalam rumah demi mencegah menyebarnya virus tersebut. dengan melakukan aktivitas di rumah, ini membuat kualitas udara di Indonesia lebih baik.

Mempererat Keakraban bersama Keluarga

Bagi sebagian orang apalagi di kota-kota besar, selama ini segala kesibukan dan aktivitas di luar mungkin terasa lebih menyita waktu dibanding menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

Ayo guys kita ikuti arahan PSBB dari pemerintah agar bumi kita kembali pulih 🙂

Leave a Reply